Home / Blog / Jasa Website Toko Online / 2 Hal Penting Dalam Pembuatan Rumah Angkul-Angkul Batu Bata
2 Hal Penting Dalam Pembuatan Rumah Angkul-Angkul Batu Bata

2 Hal Penting Dalam Pembuatan Rumah Angkul-Angkul Batu Bata

     5 / 10 Reviews
 40 view

Dalam proses pembuatan rumah angkul angkul batu bata, sangat disarankan untuk selalu mengikuti pedoman lontar Asta Kosala Kosali agar dapat membawa pengaruh yang baik bagi si pemilik rumah.

Lontar Asta Kosala Kosali merupakan pedoman arsitektur tradisional yang dipakai oleh orang Bali sejak jaman dulu. Pedoman Asta Kosala Kosali selalu dipakai untuk pembuatan bangunan bale tradisional, angkul-angkul, dan bangunan lainnya.

Pembuatan Rumah Angkul-Angkul Batu Bata

Angkul Angkul Batu Bata
Angkul Angkul Batu Bata - sumber: pinterest.com 

Menurut pandangan orang Bali, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam proses pembuatan rumah dengan angkul angkul. Beberapa diantaranya adalah sebagi berikut.

  1. Tata Letak

    Angkul Angkul Rumah Bali
    Angkul Angkul Rumah Bali - sumber: pinterest.com 

Tata letak angkul-angkul sebaiknya dibuat dengan perhitungan (Ketekan) yang tepat sesuai dengan pedoman Asta Kosala Kosali. Meskipun terlihat seperti hal yang sepele, namun tata letak ini sangat penting untuk diperhatikan sebelum pembuatan angkul-angkul.

Masyarakat percaya bahwa tata letak angkul-angkul atau pintu halaman rumah ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi keadaan si penghuni rumah.

Bila perhitungan tidak tepat, dipercaya dapat mempengaruhi kehidupan mulai dari sakit, rezeki hingga ketentraman rumah tangga bagi yang tinggal di rumah tersebut. Sebaliknya, bila perhitungannya tepat maka akan dapat memberikan pengaruh positif, contonya: rezeki yang lancar.

  1. Dewasa Ayu (Hari Baik)

    Angkul Angkul Bali Modern
    Angkul Angkul Bali Modern - sumber: pinterest.com 

Selain tata letak, hal lain yang harus diperhatikan sebelum pembuatan angkul-angkul adalah hari baik (Dewasa Ayu). Si pemilik rumah wajib mempertimbangkan hari baik agar pembuatannya angkul angkul dapat membawa pengaruh yang positif.

Untuk pertimbangan hari baik ini, masyarakat Bali biasanya memohon petunjuk dewasa ayu kepada Para Sulinggih.

Dewasa Ayu ini tidak hanya berlaku untuk pembuatan bangunan akan tetapi juga dalam upacara-upacara keagamaan. Namun, yang perlu dicatat adalah dalam setiap tujuan yang berbeda, pemilihan dewasa ayu juga akan berbeda-beda.

Baik, itulah beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam proses pembuatan rumah dengan angkul-angkul Bali. Semoga bermanfaat!

Give Review :

Can I Visit Bali in New Year 2021?

Sign up below to keep updated on Bali Reopening during Coronavirus

Send Comment


Contact :

Keep up to date with the latest news, events, press releases, and information.

Share :
email
email
line
facebook
twitter
email whatsapp line facebook twitter